Kamis, 16 Juli 2015

TIPS RUMAH TETAP AMAN SAAT MUDIK

TIPS RUMAH TETAP AMAN SAAT MUDIK

Idul Fitri sudah di depan mata, Anda pasti sudah bersiap-siap untuk kembali ke kampung halaman alias mudik. Tentu saja Anda harus meninggalkan tempat tinggal Anda dan kemungkinan besar, tanpa ada penjaga rumah. Agar Anda merasa tenang saat meninggalkan rumah saat mudik, perhatikan tips-tipsberikut:

1. Pasang Sistem Keamanan

Jika Anda memiliki uang lebih, Anda bisa memasang sistem keamanan di rumah. Alarm dengan kode akses bisa Anda pasang di rumah, sehingga saat seseorang memaksa masuk ke rumah Anda, alarm akan berbunyi dan menarik perhatian orang di sekitar rumah Anda. Selain alarm, Anda juga bisa memasang beberapa kamera CCTV di beberapa titik di rumah Anda. Beberapa kamera bisa terhubung dengan smartphone milik Anda, sehingga keamanan rumah bisa terus terpantau.

2. Pastikan Barang Berharga Aman

Jika Anda memiliki sebuah brangkas, tidak ada salahnya menyimpan semua perhiasan dan barang-barang berharga di dalamnya. Pastikan lemari tempat Anda menaruh semua barang dan surat berharga terkunci rapat. Untuk ini, Anda bisa membawa kuncinya, tapi jangan sampai hilang saat Anda bepergian, ya!

3. Titip Rumah ke Tetangga atau Satpam

Jika ada tetangga yang tidak bepergian, tidak ada salahnya Anda menitipkan rumah padanya. Anda juga bisa menitipkan pada satpam lingkungan rumah yang bisa Anda percaya. Minta mereka memeriksa rumah Anda setiap hari untuk memastikan bahwa rumah Anda tetap aman.

4. Memadamkan / Menyalakan Lampu

Lampu depan rumah yang menyala di siang hari bisa menandakan kalau rumah Anda sedang kosong. Mintalah pada tetangga atau satpam untuk mematikan lampu pada pagi hari, dan menyalakannya di sore hari. Atau Anda bisa memasang lampu dengan pengatur otomatis, yang akan menyala atau mati sendiri tergantung intensitas cahaya pada saat itu. Dengan begitu, orang akan mengira bahwa rumah Anda masih ada yang menunggu.

4. Pastikan Pintu Berfungsi Baik

Sebelum Anda bepergian, pastikan semua kunci pintu dan jendela berfungsi dengan baik. Jika ada yang rusak, Anda harus memperbaikinya. Jangan sampai karena pintu atau jendela rumah Anda rusak, orang dengan mudah masuk dan mencuri barang-barang berharga Anda. Menggunakan kunci ganda di pintu rumah pun bisa Anda lakukan agar rumah lebih aman.

5. Ambil Kunci Cadangan

Jika Anda menaruh beberapa kunci cadangan di luar rumah, ambil semua dari persembunyiannya. Walaupun tersembunyi, bukan berarti maling tidak akan mengetahuinya, lho! Anda bisa menyimpannya di dalam rumah untuk sementara waktu. Atau, Anda bisa menitipkannya pada tetangga ataupun satpam yang bisa Anda percaya agar mereka bisa memeriksa bagian dalam rumah Anda sesekali.

6.Potong Rumput di Depan Rumah

Jangan biarkan rumput di depan rumah Anda menjadi panjang dan tidak terurus. Rumput yang panjang bisa 'memberi tahu' kalau tidak ada penghuni di rumah Anda. Potong rumput sebelum Anda pergi mudik, selain agar aman, rumah Anda pun akan terlihat rapi di saat hari raya.

7. Hentikan Langganan

Jika Anda berlangganan majalah atau koran, Anda bisa meminta agar langganan Anda dihentikan sementara. Koran atau majalah yang menumpuk di depan rumah tentu bisa menunjukkan kalau tidak ada orang di rumah Anda. Jika Anda tidak bisa menghentikannya, minta loper koran Anda menahan dulu koran dan majalah sampai Anda kembali dari kampung halaman.

8. Waspada Kebakaran dan Banjir

Selain bahaya pencurian, Anda juga harus waspada terhadap bahaya lain seperti kebakaran dan banjir. Untuk mencegahnya, Anda bisa mematikan semua keran air dan listrik yang tidak perlu. Lepas gas dari semua peralatan seperti kompor maupun water heater. Periksa listrik agar tidak terjadi korslet yang bisa mengakibatkan kebakaran. Jika Anda tinggal di daerah yang rawan banjir, pastikan semua barang dan surat berharga Anda berada di tempat yang aman.

10. Bijaksana dengan Media Sosial

Di jaman media sosial seperti sekarang ini, Anda tentu ingin selalu berbagi foto-foto liburan dengan teman-teman di media sosial. Sebaiknya, Anda melakukan hal ini setelah Anda kembali ke rumah. Jika Anda terus meng-update status Anda, orang akan tahu kalau tempat tinggal Anda kosong, Anda tidak pernah tahu siapa yang berniat jahat pada Anda.

Nah, semoga dengan melakukan hal-hal ini, Anda bisa lebih tenang meninggalkan rumah Anda saat mudik. Untuk tips-tips keamanan rumah lainnya, Anda bisa simak terus di UrbanIndo.com😀

http://blog.urbanindo.com/2015/07/tips-rumah-aman-saat-mudik/?utm_source=email&utm_medium=newsletter&utm_campaign=blast-160715&utm_content=artikel1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar